Selasa, 03 April 2012

Email Marketing (pemasaran melalui email).


Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.

Keuntungan dari e-Marketing
Ada beberapa keuntungan e-Marketing di bandingkan dengan tradisional markering:
  • Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
  • Respon yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
  • Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
  • Personalisasi
  • Memungkinkan adanya interaksi
Kelemahan dari e-Marketing
Selain keunggulan di atas, e-Marketing juga mempunyai beberapa kelemahan :
  • Ketergantungan pada teknologi
  • Isu keamanan dan privasi
  • Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
  • Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
  • Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
  • Kompetisi global

Tidak ada komentar: