Email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara,
yaitu: Cara pertama, dengan
meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain.
Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan
online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah cara dahsyat
untuk mentarget calon pembeli anda. Cara kedua, dengan
secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun
dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan
tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang
terbaik terhadap produk anda. Cara ketiga, yaitu
dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs
anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email
subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan
update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar
tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda
dapat menggunakan RSS feed burner.
Keuntungan dari e-Marketing
Ada beberapa
keuntungan e-Marketing di bandingkan dengan tradisional markering:
- Pengurangan
biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
- Respon
yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
- Adanya
kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
- Personalisasi
- Memungkinkan
adanya interaksi
Kelemahan dari e-Marketing
Selain
keunggulan di atas, e-Marketing juga mempunyai beberapa kelemahan :
- Ketergantungan
pada teknologi
- Isu
keamanan dan privasi
- Adanya
biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
- Akses
teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
- Transparansi
harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
- Kompetisi
global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar